Minggu, 30 Oktober 2022

Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar dan PMM di SD No. 105/VII Sungai Baung

 

Berbagi dan Berkolaborasi bersam dalam Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar dan PMM di SD No. 105/VII Sungai Baung

Kegiatan Diseminasi Inovasi Pembelajaran berbasis TIK dengan memanfaatkan PBR dan PMM di SD No 105/VII Sungai baung merupakan sesi yang terakhir pada yang dihadiri oleh seluruh guru kelas pada hari sabtu tanggal 29 oktober 2022. saya disambut baik oleh kepala sekolah Ibu Sariana, S.Pd dan guru serta staff tata usaha dengan disediakannya ruangan kelas yang terbaik dilengkapi dengan fasilitas wifi dan infocus bersama-sama pukul 09.00 Wib kami memulai acara diseminasipun tersebut.

 

Tujuan dari pada kegiatan tersebut adalah berbagi dan berkolaborasi bersama guru-guru dan kepala sekolah untuk belajar memanfaatkan portal rumah belajar dan PMM disekolah tersebut, mulai dari pengenalan fitur, pembuatan akun PBR dan PMM sampai dengan memanfaakan berbagai fitur yang memungkinkan untuk diterapkan disekolah SDN 105/VII Sungai Baung.

adapun kegiatan berbagi dan berkolaborasi yang telah saya lakukan diantaranya adalah:
1. Mengenalkan portal rumah belajar yang dapat diakses pada halaman browser belajar.kemdikbud.go.id secara langsung oleh guru-guru, selanjutnya dilakukan pemasangan aplikasi portal rumah belajar pada masing-masing gawai, pendaftaran akun sehingga akses fitur-fitur portal rumah belajar dapat terbuka semuanya. untuk membuka dan masuk akun aplikasi portal rumah belajar diakses dengan akun belajar.id. pada aplikasi tersebut saya mengkhususkan pada fitur sumber belajar dimana dengan fitur ini guru dapat mencari materi konten yang sesuai dengan fase kelas yang diampu. untuk mengeksplorasi sumber belajar gur langsung mempraktikkan dengan membuka konten web maupun video sesuai dengan mata pelajaran yang guru - guru ampu, selain konten tertentu yang dipilih terdapat pula konten web, audio dan video serta game edukasi yang dapat digunakan oleh guru sebagai media interaktif pembelajaran siswa kapanpun dan dimanapun, pada kegiatan ini guru juga memiliki inovasi untuk berbagi karya untuk ,mengunggah konten pada fitur sumber belajar.
 
2. mengenalkan secara detail aplikasi platform merdeka mengajar (PMM) kepada guru, selanjutnya guru langsung mempraktikkan proses menginstal PMM dengan akun belajar.id masing-masing guru hingga platform tersebut dapa full akses dapat dibuka pada gawai/hp yang digunakan. selain itu sebagian guru mengakses aplikasi PMM melalui guru.kemdikbud.go.id/home. pada aplikasi tersebut saya menjelaskan dan menunjukkan fitur Belajar Kurikulum Merdeka tentang bagaimana tentang kurikulum merdeka. pada fitur tersebut secara singkat saya menjelaskan prinsip dasar, profil pelajar pancasila dan capaian tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran.
 
Selanjutnya pada fitur kegiatan belajar mengajar saya mengajak guru untuk bersama mempraktikkan bagaimana menggunakan assesmen murid untuk memilih fase kelas bawah dan kelas atas yaitu fase A sampai dengan fase C dan mata pelajaran. pada fitur perangkat ajar saya juga menjelaskan bagaimana cara menggunakan modul ajar, buku dan modul projek dengan mempraktikkannya secara langsung pada setiap guru. 
pada fitur mencari dan berbagai informasi saya juga menjelaskan bagaimana menggunakan video inspirasi dan bukti karya. dibagian bukti karya guru - guru sangat antusias sekali untuk mengeksplorasi bukti karya yang sudah ada di PMM.
 
Pada fitur pengembangan diri bagian pelatihan mandiri sebagian guru telah menyelesaikan topik pelatihan pada seri pelatihan maupun webinar. dengan pelatihan mandiri tersebut guru merasa terbantu untuk meningkatkan kompetensi diri dan mengembagkan inovasi pembelajaran dan berkarya.

Berikut adalah Video  Vlog Diseminasi Pembelajaran berbasis TIK dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar di SD No 105/VII Sungai Baung 

 

Dokumentasi Foto kegiatan Diseminasi yang dimuat dalam sebuah Video  

 

Berikut Daftar Hadir Diseminasi Pembelajaran berbasis TIK dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar di SD No 105/VII Sungai Baung

 

#PusdatinKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2022
#DutaTeknologiKemendikbudristek
#RumahBelajar2022
#PlatformMerdekaMengajar
#BerbagiTIK






0 komentar:

Posting Komentar