Minggu, 23 Oktober 2022

Diseminasi/sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SMP Negeri 11 Sarolangun

Diseminasi/sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan PMM untuk pembelajaran Inovatif dan Kolaboratif Berbasis TIK di SMP Negeri 11 Sarolangun

Pada kegiatan diseminasi tersebut terkait dengan topik Inovasi Pembelajaran berbasis TIK dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar di SMP Negeri 11 Sarolangun yang diikuti oleh kepala sekolah dan seluruh guru dan staf tata usaha.


Diseminasi , Sosialisasi portal rumah belajar dan PMM


Pada hari Kamis tanggal 20 oktober 2022 saya melaksanakan sosialisasi/diseminasi yang kedua di SMPN 11 Sarolangun dimana rencana diseminasi ini 3 (tiga) hari sebelumnya telah diinformasikan dennga waka kurikulum Ibu Esistri Kurniati, S.Hum yang kemudian mendapat konfirmasi bahwa kegiatan tersebut disetujui oleh kepala sekolah untuk dilaksanakan pada hari kamis tanggal 20 oktober 2022. kedatangan saya disambut dengan sangat baik oleh kepala SMPN 11 Sarolangun Bu Desi Suhartini, M.Pd. dalam agenda kegiatan tersebut melalui waka kurikulum Ibu Esistri Kurniati, S.hum memberitahukan kepada seluruh guru dan Staf Tata Usaha untuk mengikuti kegiatan Diseminasi yang dilaksanakan pada Jam 8.30 s.d 11.30 Wib. sebanyak 20 orang peserta mengikuti kegiatan ini dalam ruangan yang telah disiapkan di ruang guru SMPN 11 Sarolangun. adapun topik dari pelaksanaan acara tersebut yaitu sosialisasi/diseminasi pemanfaatan portal rumah belajar, platform merdeka mengajar yang terintegrasi pada akun belajar.id untuk pembelajaran yang inovatif dan kolaborantif berbasis TIK. adapun tujuan dari pada kegiatan tersebut adalah mengenalkan dan mengajak guru-guru dan kepala sekolah belajar bersama untuk menggunakan serta memanfaatkan portal rumah belajar mulai dari fitur utama dan fitur pendukung rumah belajar serta juga memperkenalkan dan saling berbagi bagaimana menggunakan platform merdeka mengajar sebagai pegangan guru untuk meningkatkan kompetensi guru dalam belajar, mengajar maupun berkarya.

berikut rangkaian kegiatan pelaksanaan diseminasi Pemanfaatan dan penggunaan Portal Rumah Belajar dan PMM di SMPN 11 Sarolangun :
1. mengenalkan portal rumah belajar yang dapat diakses pada halaman browser belajar.kemdikbud.go.id secara langsung oleh guru-guru dan kepala sekolah, selanjutnya saya mengajak bersama agar peserta menginstall aplikasi portal rumah belajar melalui playstore di handpone masing - masing guru sampai berhasil. pada langkah pemasangan aplikasi rumah belajar tiap guru diminta untuk memasukkan akun dengan email belajar.id supaya aplikasi portal rumah belajar tersbut dapat terbuka dan dapat digunakan secara maksimal. pada aplikasi tersebut saya mengajak peserta diseminasi untuk mengkhususkan penggunaan fitur laboratorium maya dan sumber belajar. dimana pada laboratorium maya beberapa guru mata pelajaran IPA mengeksplorasi dengan membuka konten laboratorium maya. kemudian pada fitur sumber belajar guru membuka konten web media interaktif audio video sesuai dengan mata pelajaran yang guru-guru ampu, kemudian pada fitur sumber belajar ini ada 2 orang guru yaitu Ibu Amarawati, S,Pd dan Ibu Juni Hartati, S.Pd  memberikan pertanyaan dan sanggahan bahwa pada fitur sumber belajar ini guru dapat berbagi konten pembelajaran sesama guru mata pelajaran, peseta didik dan juga guru dapat mengunggah karya konten praktik baik pembelajaran, modul interktif dan konten pendidikan lainnya yang dikemas dalam media web, audio, video dan media pembelajaran interaktif, game edukasi yang di unggah pada fitur sumber belajar. melalui praktik baik pemanfaatan portal rumah belajar ini ternyata semua guru guru SMPN 11 Sarolangun sangat antusias dan menikmatinya bahkan kepala sekolah merencanakan untuk diadakan acara yang sama namun dalam pembahasan yang merupakan lanjutan dari diseminasi yang telah dilaksanakan. adapun capaian keberhasilan dari diseminasi/sosialisasi yang diperoleh adalah guru bersedia untuk memanfaatkan dan mengembangkan inovasi pembelajaran melalui pemanfaatan dan penggunaan portal rumah belajar untuk pegangan yang mendukung pembelajaran dikelas, meningkatkan kompetensi guru dan siswa serta menjadi sarana pengembangan diri bagi guru yang ingin terus belajar dan berkaya.

2. mengenalkan dan saling berbagi dan praktik baik pemanfaatan dan penggunaan aplikasi platform merdeka mengajar (PMM) kepada guru-guru dan kepala sekolah SMPN 11 Sarolangun, selanjutnya guru langsung mempraktikkan proses menginstal PMM dari aplikasi playstore sampai platform tersebut dapat terbuka dengan akun belajar id oleh masing-masing guru.  pada aplikasi tersebut saya menjelaskan fitur Belajar Kurikulum Merdeka tentang bagaimana tentang kurikulum merdeka dan secara singkat saya menjelaskan prinsip dasar, profil pelajar pancasila dan capaian pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran.
selanjutnya pada fitur kegiatan belajar mengajar saya mengajak guru untuk bersama mempraktikkan bagaimana menggunakan assesmen murid untuk memilih fase kelas dan mata pelajaran. pada fitur perangkat ajar saya juga menjelaskan bagaimana cara menggunakan modul ajar, buku dan modul projek dengan mempraktikkannya secara langsung pada setiap guru. 
pada fitur mencari dan berbagai informasi saya juga menjelaskan bagaimana menggunakan video inspirasi dan bukti karya. dibagian bukti karya guru - guru sangat antusias sekali untuk mengeksplorasi bukti karya yang sudah ada di PMM. dan juga beberapa guru berminat ingin menjadi kontributor PMM. kemudian pada fitur mencari dan berbagi inspirasi bukti karya seagian besar guru juga memiliki keinginan untuk mengunggah dan menambahkan karyanya yang selanjutnya dipublikasikan di Platform merdeka Mengajar.

3. Guru belajar membuat website dengan aplikasi google workspace for education dengan google site. pada aplikasi ini guru belajar bersama membuat webite pribadi untuk media yang digunakan disekolah dalam mendukung pembelajaran yang kolaboratif. adapun konten yang dibutuhkan pada websit guru antara lain : menu profile, menu CV, menu perangkat ajar, menu materi, soal online dan artikel online.
 
Dari kegiatan diseminasi di SMPN 11 Sarolangun dapat saya simpulkan bahwa Pada Portal Rumah Belajar, Fitur utama sumber belajar dapat memfasilitasi bagi guru-guru SMPN 11 Sarolangun sebagai pedoman  yang mendukung dalam pembelajaran di sekolah berupa konten video, audio, web media  pembelajaran interaktif dan game edukasi yang memberikan dampak positif sehingga menumbuhkan semangat dan inovasi pembelajaran yang berkelanjutan berbasis TIK, selain itu guru mengeksplorasi dengan mempraktikkan cara menggunakan laboratorium maya untuk pembelajaran IPA. pada platform merdeka mengajar fitur pengembangan diri beberapa guru sudah mengerjakan beberapa pelatihan mandiri pada opsi seri pelatihan berupa topik-topik yang berkaitan dengan pelatihan mandiri dikelompokkan dalam satu tema pembelajaran Pada penggunaan Platform Merdeka Mengajar terkhusus pada fitur Kegiatan Belajar Mengajar pada penggunaan assesmen murid pada tingkat fase kelas dan mata pelajaran. pada perangkat ajar guru juga mempraktikkan menggunakan modul ajar, buku dan modul projek. selanjutnya pada fitur mencari dan berbagi informasi bagian bukti karya guru juga sudah memanfaatkan bagaimana mengeksplorasi bukti karya dan mengetahui cara menggunakan tab tambah karya untuk mengunggah karya guru-guru SMPN 11 Sarolangun. selain mempelajari cara menggunakan dan memanfaatkan portal rumah belajar dan platform merdeka mengajar semua guru diberikan materi tambahan membuat website guru dan sekolah menggunakan produk google workspace for education yaitu google sites

diakhir waktu acara  diseminasi/sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan PMM untuk pembeajaran Inovatif dan Kolaboratif berbasis TIK saya membuat kesepakatan kepada guru-guru untuk bersama-sama menggunakan portal rumah belajar dan platform merdeka mengajar baik secara mandiri, disekolah maupun kolaborasi bersama guru-guru dan komunitas.
pada pertemuan selanjutnya akan dibahas lebih mendalam lagi pemanfaatan/penggunaan rumah belajar dan pemanfaatan/penggunaan portal rumah belajar.
selain dari itu sebagian guru juga meminta diadakan khusus diseminasi yang membahas tentang pembuatan website mengunakan google sites
Berikut ini Vlog Video Diseminasi/sosialisasi Inovasi Pembelajaran berbasis TIK dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar di SMP Negeri 11 Sarolangun
 
 
Berikut ini kumpulan foto dalam video Pembelajaran berbasis TIK dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar di SMP Negeri 11 Sarolangun
 

 
Berikut ini Daftar Hadir Diseminasi Pembelajaran berbasis TIK dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar di SMP Negeri 11 Sarolangun 
 

#PusdatinKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2022
#DutaTeknologiKemendikbudristek
#RumahBelajar2022
#PlatformMerdekaMengajar
#BerbagiTIK



 


 

0 komentar:

Posting Komentar